Dapur Idaman

Cepat atau lambat, sehubungan akan dibangunnya rumah impian saya, blog ini juga akan dipenuhi dengan ide-ide interior dan hal-hal terkait dengan rumah. Dari memilih material yang tepat untuk membangun, mendekorasi rumah, dan lain sebagainya. Simak terus ya!

Salah satu hal yang wajib ada di dalam rumah saya adalah keberadaan dapur bersih dan dapur kotor. Kenapa punya 2 (dua) dapur yang dipisah? Sederhana sih, supaya ruangan di dalam rumah tetap terjaga dari debu maupun sisa-sisa sampah dari memasak. Jadi, ruangan dalam rumah kita tetap bersih dan rapi. 

Dapur Bersih

Buat saya dapur bersih harus dilengkapi dengan kompor listrik (yang hemat daya), oven, kulkas dan peralatan dapur lainnya yang tertata rapi. Mengenai ukuran, sebaiknya dibuat dengan space yang cukup, mengandung unsur kayu di dalamnya, bergaya minimalis, rapih dalam desain dan pemasangannya. 

Dapur bersih cocoknya untuk memasak masakan yang tidak memerlukan banyak bumbu atau beragam bahan masakan. Cocok untuk masakan bergaya Eropa yang bumbunya simple. Atau kalau lagi malas, masak indomie! *yuuuummmm

Berikut adalah sebagian ide-ide yang saya dapat dari internet.

apartmenttherapy.com

angels4peace.com

Dapur Kotor

Walaupun saya tidak terlalu gemar atau hobi memasak (maklum wanita pekerja dengan jam kerja yang lebih dari 8 jam per hari), buat saya dapur kotor itu tetap penting. Kenapa? tentunya saat kita hendak mempersiapkan bahan-bahan makanan, kita tidak ingin sampahnya jatuh kemana-mana bukan. Tipe orang seperti saya, sedikit saja ada debu, sudah report bersih-bersih, apalagi sampah.

Buat saya, idealnya dapur kotor itu sederhana saja. Tidak perlu berukuran besar, 2 x 2 meter pun cukup asalkan bergaya minimalis. Apabila memungkinkan diletakkan pada bagian rumah dengan ruangan yang semi-terbuka, jadi ketika masak asapnya tidak langsung masuk ke dalam rumah.

mungkin seperti di gambar ini, tetapi tanpa meja bar dan lampu hias
(image: urbanindo.com)


Bagaimana dengan dapur idaman anda???


0 comments:

Post a Comment